Selasa, 26 April 2011

BEDAH SKL NO 11 - 20 UJIAN NASIONAL 2011

< (4)        25 mL NaOH 0,1 M dengan 25 mL CH3COOH 0,5 M
(5)        50 mL HCN 0,1 M dengan 25 mL NaOH 0,2 M
Larutan yang bersifat buffer adalah…
A.       (1) dan (2)                                             D.  (2) dan (5)
B.       (1) dan (3)                                             E.  (3) dan (4)
C.      (2) dan (3)
Kunci jawaban  : E
Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan  beberapa senyawa garam, siswa dapat menentukan salah satu jenis garam  yang terhidrolisis.





12.  Beberapa garam :
(1)            (NH4)2SO4
(2)            NH4Cl
(3)            NaCl
(4)            Na2CO3
(5)            NH4CN
Di antara garam-garam di atas yang mengalami hidrolisis dan bersifat asam adalah…
A.        (1) dan (2)                                        D. (3) dan (4)
B.        (1) dan (3)                                        E. (4) dan (5)
C.       (2) dan (4)

Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan data pendukung, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi besarnya perbedaan kelarutan garamKunci jawaban  : A





13.    Berikut adalah data Ksp beberapa garam.
1.     Ag2CrO4             Ksp = 1,1 x 10-12
2.     BaCrO4              Ksp = 1,2 x 10-10
3.     BaSO4                Ksp = 1,1 x 10-10
4.     AgCl                  Ksp = 8,0 x 10-10
5.     CaF2                  Ksp = 1,2 x 10-12
Urutan garam dari yang mudah larut adalah…
A.     Ag2CrO4, BaCrO4, BaSO4, AgCl, CaF2
B.     AgCl, Ag2CrO4,  BaCrO4, BaSO4, CaF2 
C.    CaF2, Ag2CrO4, AgCl, BaCrO4, BaSO4,
D.    CaF2, Ag2CrO4, BaCrO4, BaSO4, AgCl
E.     Ag2CrO4, AgCl, BaCrO4, BaSO4, CaF2

Kunci jawaban  : C


Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan beberapa larutan elektrolit dan non elektrolit, siswa dapat menentukan salah satu sifat koligatif larutan yang paling besar / kecil.






14.   Diketahui beberapa senyawa :
(1)     NaCl
(2)     Na2SO4
(3)     CO(NH2)2
(4)     NH3
(5)     Cr2(SO4)3
Dengan konsentrasi yang sama larutan yang mempunyai titik beku paling tinggi adalah…
A.     NaCl                                                        D. NH3
B.     Na2SO4                                                     E. Cr2(SO4)3
C.    CO(NH2)2
Kunci jawaban  : C
Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan gambar diagram P-T, siswa dapat menentukan daerah tertentu (titik beku / titik didih, penurunan titik beku / kenaikan titik didih) untuk pelarut / larutan






15.    Perhatikan diagram P T dari  benzena  dan larutan naftalena dalam benzena

Titik didih  larutan  ditunjukkan oleh titik  . . . .
A.     K                                                   D.  N
B.     L                                                   E.  Q
C.    M

Kunci jawaban  : D
Horizontal Scroll: Indikator
Diketahui beberapa fenomena dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menunjukkan   fenomena tersebut yang berhubungan dengan sifat koloid 









16.     Beberapa penerapan sifat koloid
(1)      Proses pembentukan delta sungai
(2)       Proses penjernihan air dengan tawas
(3)       Penghamburan sinar sorotan lampu mobil
(4)       Penyerapan racun oleh norit
(5)       Cuci darah pada penderita ginjal
Yang merupakan sifat koagulasi dan efek Tyndall secara berurutan adalah…
A.          (1) dan (2)                                            D. (3) dan (4)
B.          (2) dan (3)                                            E.  (4) dan (5)
C.         (2) dan (4)

Kunci jawaban  : B
Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan rumus senyawa tertentu, siswa dapat menentukan isomer






17.     Isomer fungsi dari senyawa dengan rumus struktur CH3 – CH(CH3) – COOH adalah…
A.       2-metil propanoat                                       D.  2-butanol
B.       Metil  propanoat                                          E.   Asam butanoat
C.       2-butanon

Kunci jawaban  : C
Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan rumus umum senyawa karbon, siwa dapat mengidentifikasi gugus fungsi 





18.    Suatu senyawa mempunyai rumus molekul CnH2nO, senyawa ini menghasilkan endapan merah bata dengan pereaksi fehling A dan B. Gugus fungsi senyawa tersebut adalah…
A.       Alkanol                                                      D.   asam karboksilat
B.       Aldehid                                                     E.   ester
C.       Alkanon

Kunci jawaban  : B
Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan beberapa senyawa karbon, siswa dapat menentukan penerapannya pada industri





19.    Diberikan senyawa-senyawa :
(1)        metanol
(2)        etanol
(3)        propanol
(4)        glikol
(5)        gliserol
Alkohol yang diperoleh sebagai hasil samping dari industri sabun adalah...
A.           (1)                                                        D. (4)
B.           (2)                                                        E.  (5)
C.          (3)
Kunci jawaban  : E





Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan reaksi senyawa karbon, siswa dapat menentukan hasil reaksinya





20.    Hasil utama reaksi

CH3 – CH = CH – CH3 + HBr              X
Molekul X adalah…
A.     CH3 –CH = CHBr – CH3                            D. CH3 – CH2 -  CHBr – CH2 + CH3
B.     CH3 –CH2 - CHBr – CH3                                             E.  CH3 – COH + CH3 – COH
C.    CH3 –CH = CH – CH2Br

Kunci jawaban  :  B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar