Selasa, 26 April 2011

BEDAH SKL NO 21 - 30 UJIAN NASIONAL 2011



Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan beberapa senyawa turunan benzena, siswa dapat menentukan kegunaannya   





21.  Beberapa senyawa turunan benzena antara lain:
1.     nitrobenzena
2.     toluena
3.     fenol
4.     anilin
5.     asam benzoat
Senyawa turunan benzena yang digunakan untuk desinfektan adalah ....
A.        1                                                      D.  4
B.        2                                                      E.   5
C.       3

Kunci jawaban  :  C
Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan beberapa polimer dan monomernya, siswa dapat menentukan pasangan yang tepat
 






22. Data beberapa polimer beserta monomer pembentuknya:
No
Polimer
Monomer
1
2
3
4
5
Protein
PVC
Selulosa
Teflon
Nilon 66
Asam amino
Vinil klorida
Isoprena
Tetra floro etilena
Asam adipat + heksa metilen diamina
Pasangan polimer alam adalah…
A.        1 dan 2                                             D.  3 dan 4
B.        1 dan 3                                             E.  3 dan 5
C.       2 dan 4

Kunci jawaban  :  B
Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan beberapa data uji bahan makanan, siswa dapat menentukan kandungannya
 






23.   Data hasil uji adanya makromolekul dalam berbagai jenis bahan makanan ditunjukkan sebagai berikut:
Bahan makanan
Tes
Biuret
Xantoproteat
Timbal (II) Asetat
1
Ungu
Jingga
Hitam
2
Merah
Merah
Merah
3
Ungu
Tidak berwarna
Tidak berwarna
4
Tidak berwarna
biru
Tidak berwana
5
Ungu
Tidak berwarna
Hitam
Bahan makanan yang mengandung protein dan inti benzena adalah…
A.  1                                                        D.   4
B.  2                                              E.   5
C.  3

Kunci jawaban  :  A

Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan beberapa senyawa makromolekul, siswa dapat menyebutkan fungsinya
 





24.   Beberapa senyawa makromolekul berikut ini:
1.     Protein
2.     Lemak
3.     Mentega
4.     Selulosa
5.     Amilum
Makromolekul yang berfungsi sebagai sumber energi adalah…
A.     1, 2, dan 3                                                    D.   2, 3, dan 4
B.     1, 2, dan 4                                                    E.   2, 3, dan 5
C.    1, 2, dan 5

Kunci jawaban  : E
Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan beberapa sifat reaksi, siswa dapat menyebutkan ciri dari reaksi
 





25.   Beberapa sifat reaksi sebagai berikut :
1)        Menyerap kalor
2)        Hanya dapat berlangsung pada suhu tinggi
3)        Terjadi aliran kalor dari sistem ke lingkungan
4)        ∆H > 0
5)        Menyebabkan kenaikan suhu lingkungan
Ciri dari reaksi endoterm adalah . . . .
A.        1, 2 dan 3                                                D.   2, 3 dan 4
B.        1, 2 dan 4                                                E.   3, 4 dan 5
C.       1, 3 dan 4

Kunci jawaban  : A
Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan data enthalpi, siswa dapat menghitung enthalpi pembentukan suatu reaksi
 






26.   Entalphi reaksi pada pembakaran sempurna 1 mol gas C3H8 menurut reaksi :
C3H8 (g) + 502 (g) à 3 CO2 (g) + 4 H2O () adalah – 2228,6 KJ/mol.  Entalphi pembentukan gas propana, C3H8 adalah .... (DHf0 H2O (g) = -286,8 KJ / mol DHf0  CO2 (g) = -395,2 KJ/mol)
A.       - 108,6 KJ / mol                                         D.  104,2 KJ / mol
B.       - 104,2 KJ / mol                                         E.   108,6 KJ / mol
C.       - 100,8 KJ / mol

Kunci jawaban  :  B


Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan data hasil reaksi, siswa dapat menentukan laju reaksinya 







27.   Pada reaksi NO + Br2 hasil reaksi diperoleh data sebagai berikut:
No
[NO]
[Br2]
Waktu(detik)
1
0,1
0,05
16
2
0,1
0,2
4
3
0,2
0,2
1

Laju reaksi pada [NO] = 1 M dan [Br2] = 2 M adalah….
A.       0,1 k                                                         D.   2 k
B.       0,2 k                                                         E.   3 k
C.       1 k

Kunci jawaban  :  D
Horizontal Scroll: Indikator
Diberikan rangkaian percobaan suatu reaksi, siswa dapat menentukan faktor- faktor yang mempengaruhi reaksi
 






28.   Seorang siswa mengamati banyaknya gas yang dihasilkan dari reaksi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar